Fakta Menarik Menjelang Laga ManCity vs Everton

Fakta Menarik Menjelang Laga ManCity vs Everton

Ada beberapa fakta menarik menjelang laga ManCity vs Everton yang akan digelar dini hari nanti, Rabu, 27 Januari 2016. Pertandingan semifinal leg kedua antara Manchester City dan Everton berlangsung di Etihad Stadium. Everton memiliki rasa percaya diri tinggi setelah memenangkan pertandingan di Goodison Park dengan skor 2-1.

Fakta Menarik Menjelang Laga ManCity vs Everton

Pemenang laga ini nantinya akan maju ke final untuk bertanding melawan Liverpool yang sukses menyingkirkan Stoke City tadi malam dengan adu penalti. Menjelang laga ini berlangsung ada beberapa fakta unik yang dapat dirangkum.

Fakta Menarik ManCity vs Everton

  • Laga ini merupakan kedua kalinya sepanjang sejarah, Everton dalam keadaan unggul pada leg kedua semifinal Piala Liga. Di tahun 1984 Everton berhasil menaklukkan Aston Villa di leg 1 semifinal. Pada masa ini The Toffees sanggup berhasil mencapai partai puncak.
  • Pada leg 1 melawan Everton, ManCity berhasil menciptakan gol melalui tendangan Jesus Navas. Gol perdana ini dibuat sejak September 2014 (ketika melawan Sheffield Wednesday). Navas harus menunggu 66 pertandingan di semua kompetisi untuk dapat mencetak gol lagi.
  • Romelu Lukaku, striker Everton sukses mencetak 4 gol dari 5 laga Piala Liga di musim ini.
  • ManCity tidak pernah mengalami kekalahan selama cup competition melawan Everton di kandang sendiri. Tercatat sudah ada 3 kemenangan dan 1 hasil permainan imbang dari pertandingan melawan Everton. Terakhir, pada Maret 1981, The Citizens menjamu The Toffees di Piala FA.
  • Everton berhasil menang selama mengikuti 3 partai tandang di Piala Liga pada musim ini. Padahal pada 3 partai tandang sebelumnya, Everton selalu menderita kekalahan.
  • ManCity berhasil memenangkan 5 pertandingan dari 6 laga terakhir di Piala Liga. Kekalahan tunggal yang terjadi didapat dari Newcastle United dengan skor 0-2. Dari beberapa laga tersebut, The Citizens sukses mencetak 27 gol. Jika dirata-rata dalam setiap pertandingan mereka berhasil menciptakan 4,5 gol.
  • Berbanding terbalik dengan Everton yang mengalami 5 kekalahan dari 6 pertandingan terakhir di Piala Liga. Kekalahan didapat ketika bertemu sesama tim Premier League. Hanya ada satu pengecualian ketika mereka melawan tuan rumah Hull City 4-0 di tahun 2009.
  • ManCity hanya sekali membalikkan kedudukan setelah kalah di leg 1 semifinal Piala Liga. The Citizens berhasil menaklukkan Middlesbrough 4-0, di laga sebelumnya harus kalah dengan skor 0-0. Perjuangan ManCity akhirnya terbayarkan dengan menjadi pemenang di babak semifinal.
  • Hanya satu kali kegagalan mencetak gol yang dilakukan ManCity selama 26 pertandingan terakhir di kandang pada semua kompetisi sejak 25 Januari 2015. Kegagalan ini diderita ketika bertanding dengan Everton dalam lanjutan Premier League, 13 Januari 2016. Saat itu laga berakhir dengan skor imbang 0-0.

Menjelang Pertandingan ManCity vs Everton

Tampaknya situasi semakin memanas menjelang laga kontra antara The Toffees dan Citizens pada leg kedua Piala Liga. Pada pertemuan sebelumnya, Everton sukses menaklukkan City 2-1 di Goodison Park. Hasil kemenangan di leg pertama itu menjadi modal bagi skuad Roberto Martinez menjelang leg kedua nanti.

Diantara pemain Everton yang lain, Leighton Baines, adalah yang paling bersemangat menghadapi leg kedua melawan City. Pemain yang menjaga sayap kiri ini yakin mampu mendapatkan tiket final ke Wembley. Menurutnya laga semifinal ini cukup sulit, namun harus dilalui. Ia juga sangat percaya diri dapat menaklukkan Citizens. Meskipun demikian, Baines tidak menganggap remeh lawannya, sebab ia tahu City akan lebih agresif di babak selanjutnya, apalagi tim Sergio Aguero bertindak sebagai tuan rumah.

Sayangnya, pertandingan yang diprediksi akan berlangsung seru, karena masing-masing tim berusaha mencapai final, tidak terlalu menarik minat penonton. Hal ini dibuktikan dengan tiket yang dijual panitia tidak habis terjual. Fenomena ini tidak biasa dalam beberapa musim terakhir, sebab biasanya setiap ManCity bermain di Etihad Stadium, tiket selalu terjual habis. Yang lebih mengejutkan 9000 tiket yang disediakan ManCity untuk Evertonian justru ludes terjual. Begitu besar antusias pendukung Everton terhadap pertandingan ini. Demikian beberapa fakta menarik menjelang laga ManCity vs Everton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *