Liverpool Lolos Menuju Babak Final Piala Liga

Liverpool Lolos Menuju Babak Final Piala Liga

Liverpool lolos menuju babak final Piala Liga setelah memenangkan babak semifinal pada Rabu, 27 Januari 2016.. Pertandingan yang berlangsung antara Liverpool dan Stoke City dimenangkan melalui drama adu penalti di Stadion Anfield. Pemain The Reds diperoleh melalui perjuangan berat, setelah gagal mempertahankan kedudukan 1-0 dengan Stoke City, sehingga hasil menjadi imbang.

Liverpool Lolos Menuju Babak Final Piala Liga

Sebagai catatan Piala Liga sudah mampir di Liverpool sebanyak 8 kali. Terakhir kali, The Reds mengangkat trofi ini pada tahun 2012. Mereka hanya gagal masuk final satu kali saja, setelah sebelumnya berhasil memenangkan babak pertama di pertandingan semifinal melawan Middlesbrough pada tahun 1997.

Perjuangan Berat Liverpool

Di awal permainan The Reds sudah unggul 1-0 dari Stoke City. Pahlawan Liverpool atas gol yang tercipta adalah Joe Allen. Sayangnya, aksi Marko Amautovic sukses mengejutkan tuan rumah di penghujung babak pertama. Amautovic sukses memanfaatkan umpan silang dari Bojan Krkic dengan mengecoh penjaga gawang Liverpool, Simon Mignolet. The Reds benar-benar kecolongan di kandang sendiri, sehingga skor menjadi imbang 1-1.

Di babak kedua pemain The Reds mulai panik dan melayangkan umpan-umpan yang tidak terarah. Mereka berada di bawah tekanan, setelah serangan bertubi-tubi dari Stoke City ke gawang lawan. Setidaknya, ada tiga kali serangan dari tim tamu. Atas kegagalan Liverpool melakukan serangan, mengakibatkan Christian Benteke ditarik keluar lapangan di menit 57.

Skor imbang ini terus bertahan hingga akhir permainan di menit 90. Itu sebabnya wasit memberikan tambahan waktu 4 menit untuk memberikan kesempatan bagi kedua tim menambah skor.

Di babak tambahan ini ternyata sama alot-nya dengan babak sebelumnya. Skuad asuhan Juergen Klopp berusaha memanfaatkan setiap kesempatan baik. Tapi lini pertahanan Stoke City ternyata cukup tangguh untuk dilawan. Harapan para suporter tim tuan rumah yang memadati Stadion Anfield segera pupus di babak tambahan ini.

Pertandingan terpaksa dilanjutkan dengan adu penalti untuk menentukan pemenang pertandingan semifinal ini. Akhirnya, di babak penentuan ini Liverpool berhasil unggul 6-5, setelah kedua pemain Stoke, Peter Crouch dan Marc Muniesa gagal menyarangkan bola ke gawang.

Ambisi Liverpool Menjadi Juara

Kapten The Reds, Jordan Hendersen, menyatakan kalau timnya sangat berambisi menjadi juara Piala Liga. Ini sebagai upaya untuk membayar kekalahan atas Chelsea dengan skor 1-2 pada musim lalu. Kini setelah Liverpool berhasil lolos di babak semifinal dan melaju ke final peluang menjadi juara pun terbuka lebar.

Hendersen mengaku bahwa pertandingan ini sangat krusial, apalagi setelah mengingat yang terjadi musim lalu saat melawan Aston Villa di semifinal Piala FA. Laga tersebut benar-benar menyakitkan, tidak hanya karena harus menelan pil pahit kekalahan, tapi juga menyesali cara mereka kalah. Oleh sebab itu, ia dan skuadnya bertekad dapat tampil di Wembley dan merasakan mengangkat trofi.

Namun, tekad para pemain The Reds banyak diragukan berbagai kalangan. Hal ini disebabkan performa Liverpool yang masih labil. Dari beberapa laga sebelumnya skuad Juergen Klopp seringkali memberikan kekecewaan untuk pendukungnya. Terutama setelah manajer sebelumnya, Brendan Rodgers lengser. Tapi semua tudingan tersebut dibantah oleh James Milner. Selaku punggawa Liverpool, ia menjelaskan bahwa semua yang terjadi di musim lalu merupakan sebuah adaptasi dari kepemimpinan lama ke manajer baru, Juergen Klopp.

Milner meyakinkan jika The Reds akan kembali bangkit dan meruncingkan taringnya kembali di lapangan hijau. Menurutnya dengan memenangkan satu trofi dan meningkatkan performa tim dengan para pemain baru akan menjadi bukti pencapaian setelah mengganti manajer baru.

Klopp sendiri meminta anak asuhnya untuk melupakan pengalaman musim sebelumnya akibat kegagalan di semifinal pada setiap turnamen. Memang selama di bawah asuhan Brendan Rodgers, Liverpool seringkali mengalami hal yang kurang menyenangkan. Langkah mereka selalu terhenti di babak semifinal pada Liga Inggris, dan Piala FA.

Klopp yakin bahwa turnamen kali ini akan dimenangkan skuad asuhannya. Tahun lalu mereka mendapat lawan yang berbeda, pemain berbeda dengan tekanan yang berbeda. Kini mereka optimis dapat tampil gemilang di Stadion Wembley. Ia mengharapkan pemain The Reds dapat fokus pada pertandingan final nanti,dan menjadi juara. Klopp akan mempersiapkan timnya dengan baik, setelah Liverpool lolos menuju babak final Piala Liga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *