Manchester City vs Liverpool di Final Piala Liga Inggris

Manchester City vs Liverpool di Final Piala Liga Inggris

Manchester City vs Liverpool di Final Piala Liga Inggris – Manchester City berhasil melangkahkan kakinya ke Final Piala Liga Inggris untuk menghadapi lawan berat mereka yang telah menanti mereka, Liverpool. Mereka berhasil memastikan lolosnya mereka dari semifinal melawan Everton setelah mengalahkan tim tersebut di rumah mereka sendiri, Emirates Stadium. Dengan skor pertandingan yang berakhir dengan 3-1, mereka berhasil lolos karena selisih agregat gol 4-3.

Manchester City vs Liverpool di Final Piala Liga Inggris

Manchester City

City yang menatap pertandingan kedua ini dengan rasa gugup karena mereka telah kalah dengan skor 2-1 di pertandingan pertama di kandang Everton. Terlebih lagi setelah Roberto Martinez berhasil menjebol gawang Manchester City di menit ke-18 dan mengubah kedudukan menjadi 0-1. Manchester City yang dari awal tampil begitu menggebu-gebu dikarenakan posisi mereka ynag tertinggal dari pertandingan pertama semakin menggencarkan serangan-serangan mereka. Di menit ke-24, tekanan ynag diberikan oleh Manchester City akhirnya berbuah hasil. Serangan yang mereka gencarkan di depan kotak penalty berhasil diselesaikan oleh Fernandinho, sepakan kerasnya mengenai kaki Baines dan membuat sang kiper tak mampu mengantisipasi arah bola yang berubah. Agregat pun menjadi 2-3 masih untuk keunggulan Everton.

Kevin de Bruyne

Adalah Kevin de Bruyne yang dimasukkan sebagai pemain pengganti di babak kedua, berharap untuk dapat memecah kebuntuan yang sedang dialami oleh Manchester City. Hasilnya di menit ke-70, Bruyne berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah umpan tarik yang diberikan oleh Raheem Sterling berhasil diselesaikannya dengan tendangan  ke arah gawang, 2-1 untuk keunggulan Manchester City. Meskipun demikian City tak mengurangi tekanan mereka, di sinilah keputusan sang arsitek untuk memasukkan Kevin de Bruyne terbukti berfungsi dengan baik. Di menit ke 76, umpan crossing yang dilancarkan oleh de Bruyne berhasil sampai ke arah Sergio Aguero yang menyundulnya ke arah gawang Everton, skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Manchester City. Everton yang berusaha keras untuk mencetak gol tambahan tak bisa berbuat banyak samapi peluti tanda pertandingan berakhir dibunyikan. Manchester City berhasil lolos dengan agregat skor 4-3. Namun kemenangan tersebut harus dibayar mahal dengan cideranya pemain pahlawan mereka Kevin de Bruyne yang menderita cedera lutut. Sampai saat ini belum ada kepastian mengenai cidera lutut yang dialami oleh de Bruyne.

Liverpool

Di sisi lainnya, Liverpool yang lolos dengan susah payah setelah melalui drama adu penalti dengan Stoke City diharapkan dapat memberikan perlawanan yang sengit terhadap Manchester City nantinya. Dalam kenyataannya, Manchester City memang tim yang diunggulkan melihat performa mereka yang lebih baik di Liga Inggris. Akan tetapi melihat performa mereka belakangan yang mulai menanjak, ada kalanya Liverpool terlihat memiliki kesempatan besar untuk memberikan perlawanan sengit. Akan tetapi dilihat dari penampilan mereka yang terakhir melawan Stoke City, dimana para pemain Liverpool terlihat begitu kesulitan menembus pertahanan rapat pemain Stoke City, tampaknya mereka juga akan kesulitan saat menjamu The Citizen nantinya.

Liverpool bisa sedikit gembira mendengar absennya sang pahlawan yang membuat Manchester City mengalahkan Everton di semifinal, Kevin de Bruyne. De Bruyne yang mencetak satu gol dan ikut terlibat dalam terjadinya gol kedua Manchester City dan memastikan kemenangan mereka. Meskipun sampai saat ini belum ada kepastian akan kondisi dari de Bruyne, melihat cedera lutut yang dialaminya ada kemungkinan pemain tersebut akan absen di laga terakhir Piala Inggris. Akan tetapi melihat barisan pemain Manchester City yang terdiri dari pemain berkelas, kehilangan de Bruyne masih bisa ditutupi oleh pemain lainnya. Faktor strategi dan mental yang kuat akan sangat mempengaruhi hasil pertandingan final nanti, kedua tim memiliki kesempatan yang sama untuk menang, hal tersebut yang akan membuat pertandingan final tersebut diharapkan akan menyajikan permainan yang sengit. Menginga kedua tim melalui dua semifinal yang sangat seru dan dramatis, bukan tidak mungkin partai final nantinya akan menyajikan pertandingan yang tak kalah seru pula.

Lolosnya Liverpool ke Final Liga Inggris 2016 menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Hal tersebut dikarenakan Liverpool telah mengalami paceklik gelar dalam jangka waktu yang sangat lama. Para fans pula berharap bahwa ini kesempatan bagi The Reds untuk meraih gelar pertama mereka setelah sekian lama mereka puasa gelar. Bahkan legenda Liverpool Jamie Carragher mengaku bahwa dirinya sangat senang dengan lolosnya Liverpool ke final, dia berharap squad The Reds yang sekarang mampu mempersembahkan gelar untuk tim tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *